Buku Tamu

Rabu, 23 Februari 2011

Autodesk Kembangkan Game 'Teknik Mesin'


Okezone
Screenshot TinkerBox
JAKARTA - Autodesk berhasil mengembangkan aplikasi game gratis, Autodesk TinkerBox, untuk iPad.

Autodesk TinkerBox merupakan sebuah permainan gratis yang dirancang untuk membangkitkan minat remaja di bidang teknik mesin. Aplikasi ini kini tersedia di AppStore dan memungkinkan pemain mengalami sendiri serunya menciptakan suatu penemuan, dan sekaligus meraih kepercayaan diri atas kemampuan mereka berprestasi di bidang teknik rekayasa.

Untuk memecahkan sejumlah teka-teki mekanika yang menantang dan permasalahan fisika yang disajikan di Autodesk TinkerBox, pemain menyisipkan gadget, merakit komponen dan menguji penemuan mereka. Kemampuan untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan akan mendorong pemain untuk menciptakan lebih banyak penemuan yang semakin rumit. Mode Invent dalam permainan ini memungkinkan pemain untuk merancang gadget mereka sendiri dan membagikannya kepada teman-teman.

"Autodesk berkomitmen untuk membuat ilmu pengetahuan menjadi lebih mudah diakses dan menyenangkan bagi kaum muda. Pada bulan November 2010, Autodesk melakukan survei kepada 1.000 remaja Amerika yang berusia antara 12 dan17 tahun tentang sikap mereka terhadap mata pelajaran akademik yang merupakan dasar untuk karir di bidang teknik. Hasil survei menunjukkan bahwa para remaja tersebut memahami pentingnya teknik rekayasa, namun mereka khawatir subyek tersebut terlalu sulit," ujar pihak Autodesk, dalam keterangannya, Rabu (23/2/2011).

Menurut pihak Autodesk, lebih dari separuh remaja yang ikut serta dalam survei tersebut percaya bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi (54 persen) serta teknik dan matematika (53 persen) penting bagi karir dan kemakmuran mereka di masa depan. Bahkan menurut para siswa, mata pelajaran tersebut tidak membosankan atau aneh, namun mereka menganggap teknik rekayasa dan matematika relatif lebih sulit dibandingkan mata pelajaran lain (16 persen dan 8 persen untuk Bahasa Inggris dan bahasa lainnya).

"Para siswa perlu diberikan kesempatan untuk mengalami sendiri kesuksesan dalam teknik rekayasa jauh sebelum mereka memasuki bangku kuliah dan universitas," ujar Samir Hanna, vice president of Consumer Products Autodesk.

Aplikasi Autodesk TinkerBox menunjukkan kepada mereka bahwa ilmu pengetahuan dan teknik rekayasa mekanik dapat menjadi menyenangkan. Permainan ini membantu mematahkan pendapat bahwa ilmu pengetahuan dan teknik rekayasa merupakan mata pelajaran yang terlalu sulit, sekaligus memungkinkan anak-anak untuk menciptakan sejumlah penemuan yang luar biasa.

Selain aplikasi baru tersebut, Autodesk menyediakan akses gratis ke desain 3D yang menonjol di industri ini, perangkat lunak untuk teknik rekayasa dan hiburan serta kurikulum yang menyertainya melalui Autodesk Education Community sebagai bagian dari komitmennya untuk mengedukasi generasi perancang dan insinyur di masa depan. (srn)

Sumber: Okezone

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons