Buku Tamu

Jumat, 28 Oktober 2011

Mengenal Jenis Virus

Ada yang pernah dengar tentang suatu program yang mengganggu atau bahkan merusak komputer? Yupz, itulah virus komputer. Ada yang tau berapa macam jenis virus-virus komputer? Berbagai virus komputer dikelompokkan dari program yang mengganggu sampai yang merusak.

Tingkatan program jahat mulai dari yang paling mengganggu sampai yang merusak (menurut saya lho :) )


Code:
1. Worm

Ada yang tahu kan apa itu program worm? program worm ini adalah suatu aplikasi yang mempunyai karakteristik bisa memperbanyak dirinya sendiri lewat file induk yang ditanam di file root sehingga secara perlahan membuat space hard disk menjadi penuh dan kinerja komputer menjadi super lemot. Biasanya worm ini disisipkan di file-file seperti word dan bahkan file gambar. (Untuk contoh aplikasi ini ke paman google aja ya ^_^).

Code:
2. Backdoor

merupakan program pencuri data-data pribadi dari user, dan secara diam-diam mengirimkannya kepada sang pembuat virus.

Code:
3. Spyware, Malware, dan Adware

merupakan program yang didesain untuk menjejali komputer pengguna dengan promosi-promosi yang mengganggu.

Code:
4. Virus

aplikasi yang mengandung virus ini cenderung mempunyai karakteristik merusak baik software maupun hardware komputer itu sendiri. (Untuk contoh aplikasi ini ke paman google aja ya ^_^)

Tapi kalau menurut wikipedia Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 ) bahkan GNU/Linux.

Code:
5. Rogue dan Ransomware

merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.

Code:
6. Trojan Horse.

merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk melakukan suatu serangan terselubung dengan baik. Biasanya metode ini dipakai dengan cara menyelipkan lewat email, maupun aplikasi-aplikasi lainnya, sebuah file tertentu yang berisi Trojan Horse dalam suatu bentuk yang menarik. Dengan kata lain, Trojan ini akan terinstal dengan tanpa kita sadari bersama dengan program yang lainnya. Dan parahnya lagi, apabila komputer kita terinfeksi oleh program yang ditunggangi oleh Trojan Horse ini, komputer kita bisa di kendalikan dengan server trojan horse tersebut. Intinya Trojan Horse ini bisa mengambil alih komputer korban. Kalau digunakan untuk hal yang bermanfaat sih bisa bermanfaat sekali, tapi kalau digunakan untuk kepentingan yang ga baik..wah bahaya banget tuh.

Nama Trojan Horse sendiri berasal dari suatu cerita rakyat Yunani kuno tentang Perang Troya yang sangat terkenal, dengan strategi Kuda Troya (Trojan Horse) dimana di dalam patung ‘kuda’ yang nampaknya indah tersebut disusupkan prajurit-prajurit yang siap bertempur masuk ke dalam kota.

Itu pula yang akan terjadi jika suatu trojan horse dapat memasuki suatu sistem dan menginfeksinya, maka sistem ini akan terinfeksi sehingga orang yang mengirimkan Trojan Horse ini dapat mengakses secara keseluruhan file yang terinfeksi tersebut. Trojan Horse sendiri bekerja dengan cara mengumpulkan data pribadi seperti username, password dan informasi account penting lainnya, untuk kemudian digunakan untuk menyerang komputer atau jaringan tersebut. Contoh trojan horse yang terkenal antara lain adalah Black Orifice, NetBus, dan SubSeven.

newbie ini hanya ingin berbagi pengetahuan saja ni...

Semoga bermanfaat buat kk sekalian... WowWow

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons